MS. Word merupakan salah satu progam aplikasi dari
Microsoft yang beguna membantu kegiatan mnusia dalam pengolahan data. Dalam
pengerjaan laporan haruslah memperhatikan format pembuatan harus mengikuti
aturan-aturan yang sudah ada. Berikut ini saya akan menjelaskan langkah-langkah
dalam menyusun laporan :
1.
Buka lembar kerja baru di MS. word.
2. Atur
page setup nya : Page layout >> Margin.
Pilih
costom margins untuk membuat ukuruan
kertas sesuai keinginan. Ukuran kertas laporan secara umum di sisi kiri=4,
atas=3, kanan=3, bawah=3
Masih di menu table tersebut klik paper untuk untuk memilih ukuran kertas yang
digunakan.Dalam laporan menggunakan kertas ukuran A4.
Bagian-bagian
Dalam Laporan.
1.
Bagian awal dari laporan terdiri dari
abstrak,kata pengantar,daftar isi, daftar table, dan lain-lain.
2.
Pertama kita atur panel style nya yang
berada di kanan atas pada menu utama MS. Word.
3.
Lalu kita gunakan style sebagai berikut
: judul bab menggunakan Heading 1, sub bab menggunakan Heading 2, sub-sub bab
menggunakan Heading 3.
4.
Klik heading 1 lalu tuliskan abstrak.
Modifikasi
Style
Laporan
pkl dan skripsi menggunakan jenis huruf Times New Roman 12. Judul dan sub bab di cetak tebal.
Membuat
Daftar Isi Secara Otomatis
Klik menu references >> table of content.
Pilih salah satu format
yang ada . jika sesudah melakukan pembaruan pada judul bab, sub bab, dan
sub-sub bab harus melakukan peng update tan dengan cara
References >> Update Table
Menggunakan
Section Untuk Membagi Isi Laporan
Pemberian
section berfungsi untuk memberi batas antaran bagian atas dan bagian, isi. Dan
juga untuk membedakan format penomoran.Berikut caranya :
1.
Letakkan kursor pada akhir halaman.
2.
Kemudian klik menu Page Layout >> Breaks >> Section Breaks (next page)
Menambah
Bagian Isi (Bagian Utama) Laporan
1. sama
seperti di awal kita set judul dengan heading 1, sub judul dengan heading 2 dan
seterusnya.
2. Dan
berikutnya untuk bab 2 dan seterusnya berlaku cara yang sama
Penambahan
Nomor Halaman
1.
Kembali ke section pertama
2.
Klik menu Insert >> Page Number >>kemudian pilih nomor halaman
mau diletakkan di atas atau di bawah halaman >> pada bagian Number Format pilih huruf romawi untuk
bagian atas (i,ii,iii, …) klik ok
3.
Penomoran pada section kedua caranya
sama. Cuma huruf romawi dirubah dengan angka biasa.
Sekia
penjelasan dari saya bila kurang ditambahin sendiri ..kwkwk ..piece
terimakasih bang
BalasHapusTerimakasih, ini sangat membantu
BalasHapusTerima kasih💖
BalasHapusTerimakasih
BalasHapusBang kenapa ya pas saya setting ukuran margin ama paperny,kursor di ms word saya jadi ke tengah paper,dan ngak bisa di naikkan,mohon bantuannya bang
BalasHapusterimakasih mas. berguna sekali ilmunya. ^^
BalasHapusTq
BalasHapus